Friday, August 10, 2012

HARDWARE (PERANGKAT KERAS)


Harddisk PC
Hardware atau dalam Bahasa Indonesia berarti “perangkat keras”, adalah salah satu komponen dari sebuah Komputer yang sifat alatnya bisa dilihat dan diraba secara langsung yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu system. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Berdasarkan fungsinya, hardware Komputer dibagi menjadi sebagai berikut:
1.      Input Device (Unit Masukan)
2.      Process Device (Unit Proses)
3.      Output Device (Unit Keluaran)
4.      Backing Storage (Unit Penyimpanan)
5.      Peripheral (Unit Tambahan – Periferal)
Komponen dasar pada Komputer terdiri dari input, process, output, dan storage. Input Device terdiri dari Keyboard dan Mouse. Process Device contohnya adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan Control Section). Output Device contohnya adalah monitor, dan printer. Storage External Memory contohnya yaitu hard disk, floppy drive, CD ROM, magnetic tape. Sedangkan, Storage Internal Memory contohnya adalah RAM dan ROM. Komponen Periferal (unit tambahan) contohnya adalah TV Tuner Card, Modem, dan Capture Card.

1.     Unit Masukan (Input Device)
Berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah agar menghasilkan informasi yang diperlukan. Unit masukan yang biasa umum digunakan pada Personal Computer (PC) adalah Keyboard dan Mouse. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi 2, yaitu:
·        Peralatan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contoh: Keyboard, Mouse, Touch Screen, Light pen, digitizer graphics tablet, dan scanner.
·        Peralatan input tak langsung, yaitu input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contoh: Punched Card, Disket, dan Hard disk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti, yaitu:
a.      Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan Komputer. Keyboard berfungsi untuk memasukan huruf, angka, karakter khusus, serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan Keyboard Komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christoper Latham pada tahun 1868 dan setahun kemudian diproduksikan dan dipasarkan oleh perusahaan Remington. Keyboard yang digunakan sekarang ini adalah jenis QWERTY, dan pada tahun 1973 keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini adalah 104 tuts. Keyboard yang kita kenal sekarang memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb, dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard:
1)     QWERTY
2)     DVORAK
3)     KLOCKENBERG
Seperti yang kita ketahui, keyboard yang biasa digunakan adalah keyboard jenis QWERTY yang bentuknya mirip seperti tuts  pada mesin ketik. Keyboard QWERTY memiliki 4 bagian, yaitu:
1)     Typewriter Key
2)     Numeric Key
3)     Function Key
4)     Special Function Key
b.     Mouse
Fungsi Mouse adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, lebih cepat dan praktis dibandingkan dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak system operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). Sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil didalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari 3 tombol dan umumnya hanya 2 tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.
Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (click), dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse 2 kali secara cepat dan terartur disebut dengan klik ganda (double click), sedangkan menekan tombol kanan mouse 1 kali disebut dengan klik kanan (right click). Mouse terdiri dari beberapa port  yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb, dan wireless.
c.      Touchpad
Unit masukan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook. Penggunaannya yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti Mouse. Selain touchpad, ada unit masukan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
d.     Light Pen
Light Pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light Pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke Komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam 6 sinyal elektronik setiap baris per detik.
e.     Joy Stick dan Games Paddle
Kedua alat ini biasa digunakan untuk memainkan suatu objek animasi pada sebuah permainan (games) di  Komputer. Joy Stick adalah salah satu unit masukan pada Komputer yang berwujud tuas (tongkat) dan dapat digerakan ke segala arah. Joy Stick biasa digunakan sebagai pelengkap dalam memainkan video game (games) yang dilengkapi lebih dari satu tombol. Biasanya, orang membeli produk ini agar dapat memainkan games dengan lebih asyik dan seru.
Kegunaan Games Paddle dengan Joy Stick tidak jauh berbeda. Keduanya sama-sama memiliki fungsi untuk memainkan suatu games. Perbedaannya terletak pada bentuknya. Joy Stick berbentuk tongkat, sedangkan Games Paddle berbentuk kotak atau persegi yang terbuat dari plastic dan juga dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak  suatu objek pada Komputer pada saat bermain games. Dan, bermain games menggunakan kedua alat ini membuat kita dalam memainkan games tersebut menjadi lebih seru dan leluasa.
f.       Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan. Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk makanan, minuman, alat elektronik, dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di Supermarket atau Swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
g.      Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk mengcopy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori Komputer. Fungsi scanner ini mirip dengan mesin fotocopy, letak perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas, sedangkan scanner hasilnya dapat dilihat melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.
Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban computer adalah SCAN IR. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk mengcopy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
h.     Microphone dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori Komputer/untuk mendengarkan suara. Dengan microphone, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita  inginkan pada saat chatting. Penggunaan microphone ini tentunya memerlukat perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
i.        Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin, mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics Pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics Pads yang digunakan mempunyai 2 jenis. Yang pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitive terhadap sentuhan (touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitive sentuh (touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.

1.     Unit Pemrosesan (Process Device)
Adalah unit yang bekerja di dalam sistem komputer. Contohnya;

a.      Power Supply
Power Supply menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU.  Power Supply mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan Komputer. Kualitas Power Supply menentukan kualitas kinerja Komputer. Daya sebesar 300-400 watt yang disalurkan Power Supply biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara itu, daya 400-500 watt dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal (unit tambahan).
b.     RAM (Random Access Memory)
RAM biasanya disebut dengan istilah pendek, yaitu Memory. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras Komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data yang sifatnya temporary (sementara). RAM bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yang dibutuhkan processor dengan cepat untuk diolah menjadi sebuah informasi.
c.      Processor
Pengertian Processor atau yang biasa disebut dengan CPU adalah otak dari Komputer. Processor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan Komputer agar bisa digunakan untuk menjelajah Internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan system operasi (OS) anda.
d.     Motherboard
Motherboard atau papan induk adalah papan sirkuit yang berguna sebagai tempat berbagai komponen elektronik yang saling terhubung. Motherboard biasa disingkat dengan kata Mobo. Pada Motherboard inilah perangkat keras seperti Hard disk, RAM, processor, kartu grafis, dan perangkat keras lainnya dihubungkan. Motherboard yang banyak ditemui di pasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.

1.     Output Device (Unit Keluaran)
Yaitu perangkat keras Komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil dari pengolahan data. Contohnya yaitu:
a.     Monitor
Monitor adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya berupa signal elektronik, dan dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah TV. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda dan resolusi inilah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor pada saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).
b.     Printer
Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada Komputer yang berfungsi untuk menghasilkan cetakan, baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis Printer ada 3 macam, yaitu jenis Printer Dot Metrix, Printer Ink Jet, dan Printer Laser Jet.
c.      Speaker
Speaker disini pengertiannya sama dengan speaker pada umumnya. Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal eletrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.

2  .   Backing Storage (Unit Penyimpanan)
Adalah unit yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan atau penampung data dan program. Contoh perangkat keras dari unit penyimpanan ini, yaitu adalah Harddisk ;
·        Hard disk
Hard disk bisa disebut dengan Hard disk Drive (HDD) atau Hard Drive (HD). Hard disk adalah salah satu perangkat keras Komputer yang berfungsi sebagai tempat  penyimpanan data sekunder. Di dalam harddisk terdapat piringan magnetis. Hard disk pertama kali diciptakan oleh salah satu insinyur IBM, ia adalah Reynold Jhonson pada tahun 1956. Hard disk yang juga dikenal dengan nama piringan keras ini pertama kali terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki atau sama dengan 0,6 meter dengan kecepatan putaran mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan sebesar 4,4 MB. Data yang disimpan di dalam Harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberikan tegangan listrik. Dalam sebuah Harddisk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
Dalam perkembangannya, ukuran fisik harddisk menjadi semakin tipis dan kecil, namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Harddisk saat ini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun kabel lainnya yang mendukung.
3.     Periferal (Unit Tambahan)
Unit Tambahan yaitu adalah komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya dan memang hanya sebagai tambahan. Contohnya yaitu Modem, dan Kartu Suara :
a.      Modem
Modem merupakan singkatan dari Modulator-Demodulator dan biasa digunakan untuk merubah data dari bentuk analog atau dari analog ke digital. Modem dihubungkan ke komputer atau terminal menggunakan sebuah interface. Interface modem terdiri dari beberapa bagian, yaitu Plugs, Soket, Pin, dan Kabel.
Modem memiliki kemampuan untuk melakukan self test, yaitu kemampuan melakukan operasi pembetulan terhadap kesalahan yang terjadi serta mampu mengembalikan semua data yang dikirim ke terminal asal atau sumber data. Terdapat 2 jenis modem, yaitu Internal Modem dan External Modem.
b.     Kartu Suara
Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras Komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnyam Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari Komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap Komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi menjadi 3, yaitu:
·        Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada Motherboard Komputer.
·        Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI.
·        Sound Card External, yaitu sound card yang penggunaannya disambungkan ke Komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire.

0 comments:

Post a Comment