Sunday, August 12, 2012

PERBEDAAN TEKNLOGI DI ZAMAN DULU DENGAN TEKNOLOGI ZAMAN MODERN


Teknlogi di Zaman Dulu:
Sulit untuk membayangkan pada 2000 - 5000 tahun yang lalu manusia telah mengenal sistem elektronik, peradaban manusia di zaman dahulu memang terbukti sudah sangat maju. Terbukti dengan temuan - temuan yang cukup mencengangkan. Dan berikut adalah beberapa temuan yang membuktikan bahwa peradaban manusia di zaman dahulu memang sangat maju.

1.Baghdad Battery
Ternyata teknologi bukan merupakan sesuatu yng asing di zaman dulu. Terbukti dengan penemuan Baghdad Batteries, sebuah artifak kuno yang berasal dari 2000 tahun lebih.
Temuan ini cukup membingungkan para ilmuan saat ini, bagaimana tidak, untuk apa baterai pada zaman itu ? apa mungkin dulu juga ada benda elektronik lain seperti radio, jam atau yang lainnya
yang menggunakan tenaga baterai ??sulit menjawabnya.
Arifak ini terdiri atas sebuah silinder tembaga, batang besi serta aspal yang disusun sedemikian rupa dalam sebuah jambangan kecil (tinggi 14 cm, diameter 8 cm) yang terbuat dari tanah liat.

Sekitar 1.5 volt mampu dihasilkan oleh baterai kuno ini setelah diteliti oleh para ahli, dan juga mampu bekerja selama 18 jam nonstop.


2. Dendeera Lamps
Dendera Lamps merupakan sebuah relief yang ditemukan di kuil tepatnya di Mesir yang menggambarkan seorang Pharaoh sedang menggenggam sebuah benda mirip dengan bola lampu lengkap dengan penggambaran kabel beserta catu dayanya. Berarti dahulu kala ilmuan kuno di mesir mencoba membuat alat penerangan canggih, yang berbentuk bola lampu. Apakah benar gambar yang tertera di relief tersebut adalah bola lampu, dan apakah bola lampu tersebut berhasil menyala ?? masih misteri.

Itulah beberapa teknologi yang berhasil diciptakan berabad-abad lalu. Baterai sendiri secara resmi ditemukan oleh John Travolta ditahun 1800, dan induksi elektromagnetik dan hukum elektrolisis ditemukan oleh Michael Faraday ditahun 1831. Kalau benar sekitar 2000 - 5000 tahun yang lalu sudah ada baterai atau bola lampu, berarti betapa majunya peradaban di zaman dahulu kala.

 
3. Kalkulator kuno.

Pada 1901, penyelam di perairan pulau Antikythera, Greece menemui artifak berusia lebih 2,000 tahun dari sebuah runtuhan dasar laut. Artifak menyerupai jam itu dikaji penyelidik, Derek J De Solla Price dan didapati ia berfungsi sebagai ‘kalkulator’ yang menghitung pergerakan bintang dan planet.




4. Reaktor nuklear berusia dua juta tahun.

Pada 1972, sebuah reaktor uranium yang sudah wujud sejak dua juta tahun lalu ditemui di Oklo di Republik Gabon, Afrika.

Kajian reka bentuk dan struktur lombong purba itu mendapati ia dapat mengekang radioaktif daripada tersebar malah teknologi reaktor dan kaedah digunakan pada zaman purba itu jauh lebih canggih daripada kaedah reaktor nuklear digunakan pada zaman kini.
Penemuan itu menimbulkan persoalan sama ada manusia pada dua juta tahun lalu sudah menguasai teknologi atom dan menggunakan sumber nuklear sama ada sebagai sumber tenaga untuk kegunaan harian atau peperangan.



5. Kanta optic
Di lokasi sama dengan penemuan bateri kuno di Baghdad, Iraq; turut ditemui kanta optik purba yang dihasilkan kira-kira 2,200 tahun lalu.
Kanta purba sebesar kira-kira dua ibu jari itu dijumpai dengan bahagian kacanya sedikit retak. Sebelum penemuan menggemparkan itu, kanta dikatakan pertama kali dihasilkan di Eropah pada abad ke-16. Bagaimanapun penemuan kanta kuno itu menunjukkan masyarakat purba sudah lama mengetahui kaedah menghasilkan kanta serta mengaplikasikannya dalam kehidupan.

6. Kendaraan pada Ukiran Purba
Ukiran purba ditemui di sebuah kuil Kerajaan Mesir Purba di Abydos, Mesir menunjukkan gambar kenderaan yang wujud pada zaman ini walaupun ukiran itu dianggarkan dihasilkan lebih 3,000 tahun lalu.
 
Gambar berkenaan yang jelas kelihatan adalah helikopter, kapal selam, bot dan pesawat. Pada 1898, di sebuah makam kuno berusia kira-kira 2,200 tahun di Saqquara, Mesir, replika pesawat yang formatnya mirip dengan pesawat terbang modern ditemui.



Teknlogi di Zaman Modern:
1. Telepon Selular

Ketika telepon flip pertama diproduksi, banyak orang berkomentar bahwa Ponsel tersebut tampak seperti komunikator dalam film Star Trek (1966). Itu bukan kebetulan. Martin Cooper, penemu ponsel genggam pertama, bahwa gadget Kapten Kirk’s nifty itu meng inspirasi seluruh konsep telepon portabel.

2. Kapal Selam

Kapal selam sudah ada sejak Perang Saudara dan bahkan digunakan dalam pertempuran. Namun, hal itu tidak sampai sebelum Jules Verne menerbitkan kisah klasik ” 20,000 Leagues Under the Sea” pada tahun 1870. kemudian para insinyur mulai membayangkan lebih maju tentang kapal yang dapat menggali lebih dalam ke laut.

3. Satelit
Edward Everett Hale penulis yang mengeksplorasi ide pertama dari sebuah satelit dalam cerita pendek, “The Brick Moon,” tapi itu terkenal setelah penulis fiksi ilmiah Arthur C. Clarke yang pertama kali mengusulkan satelit sebagai alat untuk komunikasi massal. Dia menulis sebuah artikel pada tahun 1945 yang menggambarkan perangkat komunikasi yang melayang di orbit untuk memberikan kecepatan tinggi komunikasi global. Tujuh tahun kemudian, Sputnik diluncurkan.

4. PDA/ Pocket Komputer
Pada tahun 1974, ketika sebagian besar komputer yang cukup besar mengisi seluruh kamar, Larry Niven membayangkan sebuah versi berukuran saku dalam novelnya ” The Mote in God’s Eye”. Dikisahkan “komputer saku” yang banyak digunakan untuk perhitungan matematis dan mencatat, tapi dengan fungsi-fungsi komunikasi mereka, Niven mungkin juga menggambarkannya sebagai Blackberry atau iPhone.


5. Bom Atom

Tidak sulit untuk membayangkan sebuah ledakan besar, tapi Robert Cromie (1856-1907) membayangkan sarana untuk melakukan hal yang akhirnya akan menjadi kenyataan. Dalam The krack of Doom, ia menulis tentang senjata yang menggunakan energi atom faktor resikonya memusnahkan hampir dua kilometer persegi tanah. Lebih dari empat dekade kemudian, Proyek Manhattan berjalan baik.
6. Internet
Buku William Gibson, Neuromancer, sekaligus mengatur dasar bagi genre cyberpunk serta internet (atau lebih tepatnya, World Wide Web). Dalam dunia dystopian, hampir semua orang dapat mengakses jaringan komputer global yang menggunakan antarmuka otak khusus, yang memungkinkan semua orang di planet ini untuk bertukar informasi dengan cepat.
 

0 comments:

Post a Comment